Penilaian bukan sekadar untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik. Penilaian dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam proses belajar. Selama ini, seringkali penilaian cenderung dilakukan hanya untuk mengukur hasil belajar peserta didik, sehingga penilaian diposisikan seolah-olah sebagai kegiatan yang terpisah dari proses pembelajaran.
Penilaian seharusnya dilaksanakan melalui tiga pendekatan, yaitu assessment of learning (penilaian akhir pembelajaran), assessment for learning (penilaian untuk pembelajaran), dan assessment as learning (penilaian sebagai pembelajaran).
Melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi, baik Guru, Kepala Sekolah, dan pengawas sekolah dapat melalkukan pelaksanaan penilaian berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di satuan pendidikan.
Buku Penilaian HOTS 2019 Untuk PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi ini dapat digunakan oleh satuan pendidikan jenjang PAUD/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, BK, Pendidikan Masyrakat (Dikmas), SLB, Kepala Sekolah/Madrasah, dan Pengawas Sekolah/Madrasah.
Berikut ini tautan (link) download Buku Penilaian HOTS 2019 untuk Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi :
Buku Penilaian HOTS PKB 2019.pdf, Unduh
Demikian informasi terkait Buku Penilaian HOTS 2019 Untuk PKB melalui PKP Berbasis Zonasi kami bagikan kepada rekan-rekan guru, semoga bermanfaat.
0 Response to "Buku Penilaian HOTS 2019 PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi"
Post a Comment